Jumat, 03 Juni 2016

KHASIAT BUAH MELON

     

     
                Buah melon memang sangat banyak sekali khasiatnya terutama untuk kesehatan dan untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya dan untuk hidup sehat. Salah satu manfaat melon yang paling fenomenal adalah untuk mencegah kanker dan mencegah terjadinya serangan jantung. Dua penyakit paling ganas di dunia yang dapat ditangani dengan kandungan gizi buah melon.

                Manfaat buah melon memang masih banyak belum diketahui oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa dengan memakan buah melon ini maka kita telah selangkah untuk menempuh hidup sehat yang seutuhnya.

               Berikut adalah berbagai manfaat melon untuk kesehatan tubuh dan untuk menghindari berbagai penyakit yang ada di tubuh kita.

- Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif untuk mencegah beberapa penyakit paling berbahaya, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu mencegah dan menghentikan penggumpalan peredaran sel darah yang dapat berakibat serangan jantung dan bahkan penyakit stroke. Cara kerja adalah dengan cara melancarkan peredaran sel darah merah yang dapat mengurangi serangan jantung dan stroke.

- Mencegah Penyakit Kanker

Ada banyak buah-buahan dan herbal yang mampu mencegah penyakit kanker, salah satunya buah melon.Karena pada buah melon terdapat kandungan KAROTENOID. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon dapat mencegah serangan kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan gejala kanker payudara.

- Menjaga kesehatan mata

Manfaat Buah melon juga dapat menyehatkan mata, buah ini diperkaya dengan kandungan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Betakaroten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

- Membasmi Radikal Bebas

Buah melon juga sangat kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, dan kanker pankreas. Namun tidak hanya untuk penyakit berbahaya manfaat antioksidan ini juga baik untuk bagian tubuh lainnya.

- Mencegah Penyakit Stroke

100 g buah melon mengandung 267 mg elektrolit kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal ini akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya stroke dan tentu penyakit jantung.

- Meredakan Mulas

Mulas terkadang berasal dari makanan yang kita konsumsi, melon memiliki kadar air hingga 90% memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag dan mulas.

- Menurunkan Berat Badan

Melon merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena mereka memiliki kandungan sodium yang rendah, bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah kalori. Selain itu efek makan melon akan membuat anda kenyang dan menunda/mengurangi lapar karena kandungan airnya sangat tinggi.

          Selain berkhasiat untuk kesehatan,buah melon juga mempunyai manfaat yang bagus untuk kecantikan,diantaranya :

- Mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin C pada buah melon dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit, caranya yaitu dengan mengaplikasikan buah melon sebagai masker. Haluskan melon dengan blender, kemudian oleskan pada wajah secara merata, biarkan selama 2o menit setelah itu basuh dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap malam hari sebelum tidur, dan rasakan hasilnya setelah beberapa kali perawatan.

- Melembabkan kulit

Melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi yang berkhasiat untuk menghidrasi kulit sehingga kulit akan terjaga kelembabannya dan selalu tampak segar. Cara perawatannya yaitu siapkan buah melon yang telah di haluskan, kemudian tambahkan dua sendok makan madu murni, aduk kedua bahan sampai rata, lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Lakukan secara rutin setiap malah hari sebelum tidur maka anda akan memperoleh khasiatnya pada kulit wajah anda.

- Melawan penuaan dini

Kandungan pada melon dapat melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, dan keriput di wajah, Cara perawatannya sama seperti cara melembabkan kulit, namun cukup di lakukan 1-2 kali saja dalam seminggu.

- Mencegah dan menghilangkan jerawat

Jika anda punya masalah kulit berjerawat, maka salah satu perawatan alami yang bisa anda lakukan yaitu dengan buah melon, caranya yaitu, haluskan buah melon secukupnya, kemudian tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Bilas wajah anda terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori, selanjutnya oleskan pada wajah yang berjerawat namun hati-hati untuk menghindari area dekat mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas wajah dengan air dingin. Cukup lakukan 1-2 kali dalam seminggu dan lihat hasilnya setelah beberapa kali perawatan.

- Menyehatkan rambut

Melon dapat di gunakan untuk perawatan rambut agar terhindar dari masalah rambut rontok dan meningkatkan kesuburan rambut, caranya yaitu haluskan buah melon secukupnya, kemudian tambahkan 2 sendok makan madu murni. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sambil melakukan pijatan lembut, diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah itu lanjutkan dengan berkeramas seperti biasa.

             Begitu banyak khasiat buah melon baik untuk kesehatan ataupun kecantikan,jadi mulailah mengkonsumsi buah melon dari sekarang.Baik secara langsung memakannya ataupun di juice.

0 komentar:

Posting Komentar